Bagaimana Cara Mount File ISO? Berikut Jawaban Lengkapnya!

Diposting pada

Informasi mengenai cara mount file ISO merupakan salah satu informasi yang paling banyak dicari oleh anak-anak muda jaman sekarang. Pasalnya, sebagian besar bentuk file installer dari sebuah game atau software tertentu biasanya memang menggunakan jenis format .EXE, .RAR, dan .ISO.

Namun, memang untuk format .ISO sendiri biasanya akan lebih sering kita temui pada file installer. Biasanya, jenis file atau data dengan format .ISO akan memungkinkan seluruh file installer dari sebuah aplikasi tertentu dapat digabungkan menjadi satu atau bahasa singkatnya disatukan, tanpa harus melalui proses ekstrak lagi.

Lalu bagaimana cara untuk mount file ISO? Jawabannya akan kami bahas sebentar lagi.

Cara mount file ISO di Windows 8 dan 10 tanpa menggunakan aplikasi

cara mount file iso
cara mount file iso

Karena dalam bahasa komputer mount itu berarti menambahkan atau menggabungkan suatu partisi lain di luar partisi yang sudah ada pada komputer, jadi tentu informasi mengenai hal ini sangatlah penting untuk kamu ketahui.

Cara pertama yang akan kami jelaskan disini adalah cara mount data yang memiliki format .ISO di Windows 8 dan 10 tanpa menggunakan aplikasi apapun. Pada dasarnya, kedua sistem Windows ini, pada versi tertentu, memiliki aplikasi mount ISO bawaan yang bisa langsung kamu manfaatkan dengan baik dan mudah. Jadi, kamu tidak perlu bersusah payah lagi untuk meng-install aplikasi tambahan untuk mount file ISO yang kamu miliki.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk melakukan cara yang satu ini:

  • Buka folder dimana file dengan format .ISO itu berada.
  • Klik kanan pada file dengan format .ISO tersebut dan pilih opsi “Mount”.
cara mount file iso
  • Kamu hanya tinggal menunggu hingga proses benar-benar selesai.
  • Jika tampilan layar sudah menunjukkan bahwa proses sudah selesai, maka kamu akan melihat drive baru (mirip DVD) yang terdeteksi di bagian sebelah kiri.
  • Selesai.

Terbukti mudah, kan?

Jika kamu ingin menghilangkan drive mount tadi, kamu hanya perlu mengklik kanan saja pada file tersebut. Nantinya, kamu akan mendapati opsi yang bertuliskan “Unmount” dan kamu tinggal klik opsi tersebut. Selesai deh.

Beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk mount file ISO di Windows 7, 8, dan 10

Terdapat beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk mount sebuah file dengan format .ISO yang terdapat pada Windows 7, 8, dan 10. Aplikasi-aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa orang yang memang tidak memiliki atau menggunakan versi Windows yang men-support cara sebelumnya.

Berikut daftar lengkap aplikasi mount file yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows 7, 8, dan 10:

cara mount file iso
  • UltraISO
  • WinCDEmu
  • PowerISO
  • Virtual CD-ROM Control Panel

Aplikasi-aplikasi ini sudah dikenal sebagai aplikasi mount file yang terbaik sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan mudah dan hasil yang baik. Karena jaman sudah semakin canggih, jadi kamu pasti bisa menemukan aplikasi-aplikasi ini di internet.

Demikianlah isi dari artikel yang berjudul “Bagaimana Cara Mount File ISO? Berikut Jawaban Lengkapnya!”. Jika perangkat dan sistem yang kamu gunakan sudah men-support aplikasi bawaan seperti yang sudah kami jelaskan di cara yang pertama, maka kamu bisa mencoba menggunakan cara yang pertama. Namun, untuk para pengguna sistem perangkat yang belum men­-support aplikasi bawaan seperti cara yang pertama, kamu bisa mencoba menggunakan salah satu aplikasi yang telah admin kpods sebutkan tadi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *