CARA MENGHAPUS WINDOWS OLD DARI KOMPUTER

Diposting pada

Perlunya mengetahui cara menghapus windows old dari komputer kamu yang mungkin telah kamu upgrade ke windows 10 atau ke windows versi terbaru. Mungkin banyak orang bertanya-tanya jika sebuah komputer melakukan upgrade, lalu kemana perginya OS yang lama apakah sudah terhapus secara otomatis dan diganti dengan OS yang baru.

Terjadi pada sistem operasi Windows, pada kenyataannya windows old akan tetap bersarang di komputer kamu meskipun telah di upgrade.

Mengapa demikian? Hal ini terjadi saat komputer dilakukan upgrade maka sistem komputer akan secara otomatis memberikan sebuah folder bernama Windows.old yaitu merupakan salinan dari versi windows lama yang tidak dihapus.

Cara menghapus windows old dari komputer

Folder windows old ini biasanya akan tersimpan di drive C. Tujuan dari windows old ini yaitu untuk mekanisme pengamanan jika saat terjadi kesalahan atau kegagalan dalam proses update atau upgrade.

Di saat komputer tidak dapat melanjutkan proses update atau upgrade, misal kamu upgrade ke windows 10 maka windows 10 tersebut akan melakukan roll back yaitu menggunakan windows old untuk membatalkan perubahan yang sudah terjadi.

Namun jika proses upgrade berjalan lancar sehingga hasil upgrade ke windows versi baru tidak ada masalah dan kendala, maka tidak perlu lagi menyimpan windows old. Windows old biasanya memiliki ukuran yang terbilang besar yaitu bisa mencapai 15 GB bahkan lebih.

Sehingga dengan ukuran tersebut akan menghabiskan kapasitas hard disk komputer jika dibiarkan begitu saja. Maka itulah mengapa windows old perlu di hapus dari komputer yang telah ter upgrade.

Beberapa Cara Menghapus Windows Old Dengan Mudah

1.      Dengan Disk Cleanup

Menghapus folder windows old dari sebuah sistem komputer ternyata tidak cukup dengan menghapus dengan menekan keyboard delete. Sebagai utilitas bawaan dari windows kamu bisa menggunakan Disk Cleanup untuk melakukan penghapusan windows old. Berikut adalah caranya:

  • Pertama akses file explorer dari taskbar, klik kanan pada drive Local Disk (C:) untuk menampilkan menu pintas dan pilih Properties.
  • Setelah muncul dialog Properties dari Local Disk (C:), klik pada tombol Disk Cleanup.
Cara menghapus windows old dari komputer
  • Kemudian klik pada tombol Clean up system files pada lagi kotak dialog dari Disk Cleanup for (C:).
  • Centang pada Previous Windows installation(s) atau file lain yang akan kamu hapus kemudian klik OK.
  • Akan muncul kotak dialog konfirmasi penghapusan, dan pilih tombol Delete Files. Lalu klik Yes untuk melakukan proses penghapusan dengan Disk Cleanup. Tunggu hingga selesai.

2.      Dengan Storage Sense

Dalam membantu akses Control Panel yang nyaman, Windows telah menambahkan opsi di Windows Setting. Salah satu opsi yang terdapat pada Pengaturan Windows yaitu Storage Sense yang berguna untuk mempermudah dalam menghapus temporary files seperti windows old. Berikut ini adalah cara menghapus windows lama dengan Storage Sense:

  • Langkah pertama kamu bisa pergi ke menu setting dengan mengklik tombol menu dan pilih Setting kemudian pilih lagi System.
  • Setelah itu akan muncul tampilan menu System , lalu pilih Storage.
  • Kemudian klik ‘Free up space now’ yang terdapat di bagian Storage Sense tersebut.
Cara menghapus windows old dari komputer
  • Tunggu sistem untuk melakukan scanning sehingga menampilkan file-file yang akan di hapus atau file Windows old.
  • Centang pada file Windows Old atau file-file lain yang akan kamu hapus. Setelah itu klik pada tombol Remove Files, dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil menghapus file-file tersebut.

Jika sebuah kapasitas hard disk di suatu komputer penuh, maka kerja dari komputer tersebut juga akan berat sehingga komputer menjadi lelet dan lambat dalam beroperasi.

Itulah mengapa perlunya mengetahui cara menghapus windows old untuk membantu mengosongkan kapasitas hard disk komputer yang akan kamu gunakan dengan windows versi terbaru. Sekian tips yang bisa admin kpods sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *