3 Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android Tanpa Root

Diposting pada
Cara menambah bahasa indonesia di android

Jenis smartphone android memang begitu ramai di pasaran saat ini. Bukan hanya terjangkau harganya, seringnya keluar model terbaru membuat pemakai juga sering update ke seri terbarunya. Namun beberapa vendor tidak semuanya menyediakan bahasa Indonesia karena dibeli di luar negeri. Hal ini memang akan menyulitkan jika dipakai di Indonesia. Tapi tenang, ada cara menambah bahasa indonesia di android tanpa root yang akan menuntaskan masalah Anda.

Keberhasilan menambahkan bahasa Indonesia di android memang berdasarkan dari prosesnya. Jika salah, maka tentu beresiko dan bermasalah kedepannya. Inilah beberapa cara dan langkah yang sudah terbukti bisa anda jalankan.

Langkah dan Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android Tanpa Root

Bagi pemula, cara menambah bahasa indonesia di android tanpa root memang rumit dan butuh kesabaran. Gunakan PC atau laptop untuk membantu Anda menjalankan langkahnya. Inilah beberapa penjelasan yang bisa Anda gunakan.

1. Set Language dan Locale

Layanan pertama yang harus dijalankan adalah menambahkan layanan bahasa di android. Silahkan merubah ke bahasa Indonesia dengan masuk fitur locale dan language.

Aplikasi milik androdid ini bisa juga megaktifkan semua jenis bahasa dengan manual. Namun aplikasi ini hanya bisa anda gunakan dalam beberapa bulan saja karena tidak permanen. Jika HP di reset maka aplikasi harus di install lagi.

Caranya, silahkan download apk set locale and language di play store. Setelah selesa mengunduh silahkan tunggu sampai install berhasil. Tentukan bahasa di perangkat android dan setelah menyimpannya maka layanan bahasa Indonesia akan muncul di smartphone Anda.

Cara menambah bahasa indonesia di android

2. Pakai Aplikasi MoreLocale 2

Menambahkan bahasa Indonesia di smartphone android bisa dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama MoreLocale 2. Aplikasi pihak ketiga ini akan berfungsi maksimal karena menyediakan beberapa pilihan bahasa kepada pemakaianya. Namun pemakaian apk ini hanya bisa pada sejumlah seri smartphone saja.

Harus melalui proses Root lebih dulu untuk memberikan akses kerja ke smartphone android. Setelah proses root selesai, langkah berikutnya adalah:

  • Download aplikasi morelocale 2 di Play Store. Kemudian setelah download dan install selesai silahkan membuka dan menjalankan aplikasi.
  • Akan ada tampilan beberapa bahasa saat masuk ke menu aplikasi. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia silahkan memilihnya dengan menambahkan IN di Language dan ID di bagian Country.
  • Aplikasi sudah langsung bisa dijalankan dan bahasa Indonesia kini sudah ada di semua menu android Anda.
Cara menambah bahasa indonesia di android

3. Cara Menambah Bahasa Indonesia Menggunakan Flash Stock Rom

Cara ini dianggap paling mujarab dalam mengatasi masalah anda yaitu memakai firmware bahasa Indonesia memakai flash stock rom.

Sebelum menerapkannya silahkan memback up semua data karena jika prosesnya berjalan maka semua data Anda akan hilang semuanya.

Untuk menjalankan silahkan persiapkan alat tambahan bernama QFIL. Persiapkan lebih dulu Laptop atau PC, QPTS yang di download lebih dulu sesuai merk dan seri smartphone. Kemudian Driver dan Firmware untuk smartphone. Persiapkan batere HP minimal 50%.

Untuk menjalankan, langkahnya adalah:

  • Buka aplikasi QFIL kemudian pilih browse dan di menu program patch silahkan ubah ke firmware sesuai android Anda. Sesuaikan juga tipe smartphone dengan merk smartphone.
Cara menambah bahasa indonesia di android
  • Berikutnya pilih Load XML dan kemudian masukkan rawprogram_unspare.xml berdasarkan firmware android Anda. Lalu pilihlah patch0.xml.
  • Hubungkan HP ke laptop dan pastikan jika aplikasi dan HP sudah terhubung sampai ada tanda tersambung.
  • Download aplikasi QFIL dan silahkan menunggu flash berjalan sampai selesai. Saat selesai akan ada tanda peringatan. Setelah sukses maka setelah bahasa Indonesia sudah ada di dalam perangkat HP android Anda.

Itulah beberapa cara menambah bahasa indonesia di android tanpa root dari admin kpods. Jika memang masih kesulitan silahkan ke konter atau service center untuk membantu masalah tersebut. Jika salah langkah dan cara tentunya prosesnya juga tidak akan berhasil. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *