Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Diposting pada

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10. Bagaimana sih Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10? Saat kita ingin melakukan instalasi windows 10 menggunakan flashdisk. Maka hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu Bootable Flashdisk.

Barulah dengan bootable flashdisk ini, kita bisa menginstal OS windows.

Untuk itu, kali ini kita akan menggunakan software Rufus untuk membuat Bootable falshdisk tersebut.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

cara membuat bootable flashdisk windows 10

Persiapan Sebelum Membuat Bootable Flashdisk

Sebelum masuk ke Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10, kamu harus mempersiapkan beberapa hal berikut :

Cek Sistem Arsitektur

Sebelum kita melanjutkan ke turotial intinya maka kita bisa kenali terlebih dahulu sistem arsitektur laptop atau PC yang kita miliki. Karena hal ini berkaitan dengan pembuatan bootable flashdisk yang baik dan benar.

Perlu kita tahu bahwa perangkat komputer terdiri atas 2 jenis sistem arsitektur yaitu 32-bit dan 64-bit. Sama halnya juga yang ada di windows 10.

Baca Juga:

Hal itu berarti perangkat komputer kita mengusung sistem arsitektur 32-bit jadi kita sebaiknya menginstall windows 10 edisi 32-bit juga.

Bagi kamu yang ingin mengetahui sistem arsitektur di perangkat komputer yang kita miliki maka caranya yaitu dengan masuk ke menu settings lalu pilih system, selanjutnya pilih about.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

Flshdisk

Kita bisa menyiapkan flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 8 GB, dan pastikan bahwa flashdisk tersebut dalam keadaan kosong.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

Namun jika kamu menggunakan flashdisk yang isinya data penting maka lakukan back up terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena dalam proses pembuatan bootable akan mengahpus semua data yang ada di flashdisk.

Media Creation Tool

Selanjutnya kita bisa gunakan Media Creation Toolyang bisa didownload gratis di website resmi Microsoft.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

Software Rufus

Kamu bisa mendownload software resmi Rufus di website resminya https://rufus.ie.

Jika langkah-langkah sudah jelas maka kita bisa langsung membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan menggunakan Rufus.

Cara Membuat Bootable Flshdisk Windows 10 dengan Rufus

Berikut ini step by step Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 menggunakan software Rufus :

1. Tancapkan flashdisk ke PC atau laptop

Kita bisa menancapkan flashdisk pada PC atau laptop. Tentunya kita juga harus memastikan bahwa flashdisk yang kita pakai tersebut tidak berisi file yang penting. Hal ini dikarenakan pada proses pembutaan bootable windows 10 akan menghapus semua file yang terdapat di flashdisk.

2. Bukalah Media Creation Tool

Untuk membuka software Media Creation Tool yang sudah didwonload yaitu dengan double click. Apabila sudah terbuka maka klik Accept agar bisa melanjutkan prosesnya.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

3. Pilih Create Installation Media (USB flash drive, DVD, or ISO File) for another PC

Berikutnya yaitu pilih opsi “ create installation media (USB falsh drive, DVD, or ISO File) for another PC kemudian klik next untuk download file ISO windows 10.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

4. Memilih Sistem Arsitektur

Berikutnya adalah dengan menentukan sistem arsitektur 9 32-bit atau 64-bit). software ini akan secara otomatis mendeteksi sistem arsitektur yang ada di komputer kita.

Baca Juga:

Akan tetapi jika kamu melakukan instalasi di komputer A namun membuat bootable flashdisk di komputer B maka kita juga perlu menyesuaikan opsi. Caranya yaitu dengan menghapus centang yang ada di bagian Use the recommended options for this PC.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

Apabila sudah sesuia dengan kebutuhan kita maka tinggal klik saja next.

5. Download File Iso Windows 10

Agar bisa mendownload file ISO 10 maka kita pilih saja opsi ISO file lalu klik Next.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

6. Bukalah Sofware Rufus

Berikutnya yaitu dengan membuka software Rufus yang sudah kita download tadi. Lalu tancapkan flashdisk pada komputer kamu. Kita juga harus memastikan bahwa pada bagian Device tersebut sudah sesuai dengan nama flasdisk yang digunakan.

7. Klik Select

Selanjutnya klik Select lalu pilih file ISO windows 10 yang sudah terdownload tadi. Sesuaikan partition scheme serta target system yang sesuai dengan perangkat komputer yang kita gunakan.

8. Tentukan partition Scheme dan Target System

Pada perangkat komputer yang terbaru umumnya menggunakan partition scheme dan target system UEFI. Dan pada komputer yang sudah lama menggunakan partition scheme berjenis MBR denagn target system BIOS.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

9. Klik START

Selanjutnya klik start untuk pembuatan bootable windows 10. Tunggulah sampai prosesnya selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *